Cara Mendapatkan Kredit Rumah Tanpa DP Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Kredit Rumah Tanpa DP Dengan Mudah

 

Sebenarnya yang perlu kita ketahui adalah hampir tidak ada lembaga keuangan seperti bank dan yang lainnya yang menyediakan program kredit rumah tanpa DP atau yang lebih dikenal dengan KPR tanpa DP. Selama ini hanya ada salah satu bank nasional syariah saja yang menyediakan program KPR tanpa DP tersebut yang mana belum tentu semua orang bisa memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan. Ada juga bank swasta konvensional lainnya yang juga memberikan program tersebut, hanya saja masih ada persyaratan lain yang wajib dipenuhi.

Sebelum membahas bagaimana cara mendapatkan kredit rumah tanpa uang muka/DP, ada hal lain yang perlu Anda ketahui bahwasanya meski ada pihak bank yang menjadi penyedia program KPR tanpa DP ini, jumlahnya masih sangat terbatas. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan celah yang ada agar bisa memperoleh rumah dengan DP 0% dengan cara pembayarannya kredit atau dicicil. Caranya mulai dari menggunakan jasa pihak ketiga seperti dana ditahan pengembang, PUMP BPJS Ketenagakerjaan, potongan harga hingga mark up harga rumah. Berikut ini ulasan lebih jauhnya lagi:

  • Gunakan dana ditahan pengembang pada bank.

Pengembang atau developer atau perusahaan yang berwenang sebagai penjual properti, dalam hal ini adalah perumahan biasanya telah melakukan kerjasama dengan bank yang diberi kuasa untuk penjualan rumah atau properti lain. Mungkin saja kerjasama ini tak akan diketahui oleh customer atau pembeli properti. Dana ditahan yang dimiliki oleh pihak developer umumnya dimanfaatkan sebagai pengganti DP rumah yang harusnya tertanggung oleh customer/pembeli. Karena DP harus ada, maka otomatis pihak pengembang menanggung DP ini sementara dan biasanya program ini dimanfaatkan oleh pengembang yang ingin menjual properti dengan cepat.

Baca: Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Pengajuan Syarat Kredit di Bank

  • Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) BPJS.

Cara kedua untuk bisa memperoleh kredit rumah tanpa DP ini khusus bagi Anda yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi setiap karyawan atau pegawai. BPJS Ketenagakerjaan memberikan program khusus bagi para nasabahnya yang disebut dengan PUMP atau singkatan dari Pinjaman Uang Muka Perumahan. Program ini dikhususkan bagi Anda karyawan atau pegawai yang sudah terdaftar menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

  • Diskon/potongan harga rumah.

Potongan harga atau diskon rumah juga dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti DP atau uang muka rumah. Sekarang ini, sudah tak sulit lagi menemukan developer yang saling bersaing sehingga mengadakan perang diskon atau potongan harga dari rumah yang mereka jual sebagai promosi untuk menarik minat pembeli/konsumen.

Anda bisa memanfaatkan diskon tersebut sebagai pengganti DP. Sistemnya adalah seperti demikian, ada sebuah rumah tipe 48 yang dibanderol dengan harga 150 juta sedangkan sang developer memberi diskon sebesar 10% atau setara dengan 15 juta rupiah. Kemudian, lakukan negosiasi dengan pihak developer sehingga terkesan kita telah membayar DP 10%, lalu Anda bisa mengajukan KPR pada bank yang seharga asli dari rumah tersebut (yaitu 150 juta rupiah), sehingga pihak bank tetap memberikan 135 juta rupiah atau 90% dari 150 juta rupiah.

  • Mark up harga rumah.

Untuk cara satu mendapatkan kredit rumah tanpa DP ini lebih cocok jika digunakan untuk membeli rumah bekas maupun properti non-pengembang. Sebab jika rumah atau properti yang kita mark up berada di lingkungan perumahan, ada kemungkinan pihak bank sudah mengetahui harga asli dari rumah tersebut. Hal yang berbeda apabila kita membeli rumah bekas atau rumah jadi, harga rumah tentu akan berbeda dari harga pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *