syarat kredit di bank

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Pengajuan Syarat Kredit di Bank

Bagi masyarakat Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan istilah kredit di bank atau meminjam uang di bank. Untuk bisa mendapatkan pinjaman uang di bank biasanya terdapat beberapa syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat Kredit di Bank tidak hanya berlaku untuk salah satu bank saja akan tetapi hampir seluruh bank yang memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sebelum pengajuan pinjaman atau kredit ke bank yang bersangkutan.

Berikut adalah berkas atau perlengkapan yang harus Anda siapkan sebelu Kfm Anda datang ke bank untuk melakukan pinjaman:

  • Foto copy kartu identitas (KTP) dan kartu keluarga (KK)

Foto copy KTP ini sebagai data pribadi dan yang dibutuhkan pihak bank untuk mengetahui data calon debitur/ peminjam. Jika sudah menikah maka harus menggunakan KTP kedua belah pihak suami dan istri .Penyerahan foto kopi kartu keluarga sebagai pelengkap data selanjutnya. Selain itu, foto copy kartu keluarga ini juga berfungsi bagi pihak bank untuk mengetahui besarnya beban tanggungan yang harus ditanggung calon debitur selain dirinya.

  • Foto copy akta nikah dan slip gaji

Dibutuhkan bagi calon debitur yang memang statusnya sudah menikah. Berkas ini dapat digunakan sebagai jaminan bahwa harta yang dimiliki debitur adalah harta pribadi atau harta bersama. Jadi pinjaman yang dilakukan debitur tersebut adalah persetujuan bersama. Slip gaji diperlukan bagi Anda yang bekerja di kantor pemerintahan atau karyawan swasta suatu perusahaan.

  • Foto copy buku tabungan dan jaminan

Dibutuhkan oleh pihak bank untuk mengetahui kemampuan financial dari calon debitur nya dan digunakan oleh pihak bank sebagai bahan pertimbangan. Hal ini diperlukan oleh pihak bank untuk mengetahui jaminan yang digunakan oleh debitur sebagai jaminan jika suatu saat debitur tidak bisa melakukan pembayaran yang harus dibayarkan kepada pihak bank. Barang jaminan ini harus memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pinjaman yang diajukan ke bank. Seperti contohnya yaitu sertifikat rumah, tanah, BPKB motor/mobil dll.

Di atas sudah dijelaskan berkas atau perlengkapan apa saja yang diperlukan sebelum melakukan pinjaman ke bank. Anda tidak perlu ragu untuk melakukan pinjaman ke bank jika Anda memang memenuhi berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan pinjaman ke bank dan pinjaman Anda disetujui. Akan tetapi setiap bank biasanya memiliki kebijakan dan aturan tersendiri yang harus dipenuhi bagi calon debitur nya.

Selain syarat di atas biasanya ada beberapa bank yang melakukan survey langsung ke rumah tempat domisili calon debitur nya. Hal ini digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak bank untuk memberikan keputusan kepada pihak debitur. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa bank swasta yang masih baru dan belum terlalu banyak memiliki nasabah.

Syarat Kredit di Bank memang agak sedikit rumit dibandingkan dengan melakukan pinjaman ke tempat lain. Biasanya diperlukan 1 hari untuk mengetahui pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pihak bank atau tidak. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan syarat serta kebijakan yang harus Anda penuhi sebagai calon debitur dari bank yang bersangkutan karena tidak sedikit juga permohonan pinjaman di bank yang tidak mendapat persetujuan.

Akan tetapi saat ini memang sudah banyak bank yang mencari calon debitur tanpa harus menggunakan syarat seperti di atas. Meskipun dana atau pinjaman yang ditawarkan juga tidak sebesar bank-bank yang memerlukan berbagai macam persyaratan dan kebijakan yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan Syarat Kredit di Bank dengan bank yang bersangkutan.

Referensi: https://www.cekaja.com/info/12-cara-ajukan-kredit-bank/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *