Perbedaan Perpanjangan SIM Online dan Lewat Samsat Keliling

Perbedaan Perpanjangan SIM Online dan Lewat Samsat Keliling

 

Untuk memudahkan masyarakat agar melakukan perpanjangan SIM, sekarang ini ada banyak cara yang bisa dipilih untuk perpanjangan SIM ini. Bukan hanya datang langsung ke kantor Samsat, tetapi sekarang ini ada juga sistem Samsat keliling yang dapat untuk memperpanjang SIM dengan mudah. Selain Samsat keliling tersebut ada juga metode baru menggunakan perpanjangan SIM online yang merupakan cara baru untuk memperpanjang sim lewat internet bahkan tanpa keluar rumah. Dimana untuk perbedaan yang ada pada kedua sistem tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Ketentuan perpanjangan SIM

Untuk berbagai aturan tentu saja mempunyai aturan dan ketentuan yang berbeda. Misalnya untuk ketentuan yang harus dipatuhi untuk dapat melakukan perpanjangan SIM di Samsat keliling dan secara online adalah sebagai berikut ini:

Baca: Hindari Situs Palsu, Jika Anda Melakukan Cek KTP Online

  • Perpanjangan SIM di Samsat keliling tersebut hanya berlaku untuk jenis SIM C dan SIM A saja. Selain untuk kedua jenis tersebut yaitu SIM B tidak bisa untuk menggunakan fasilitas yang satu ini.
  • Perpanjangan SIM di Samsat keliling ini hanya bisa dilakukan apabila masa berlaku SIM belum habis atau setidaknya hanya bisa dilakukan ketika masa tenggangnya habis dalam 14 hari. Atau masa perpanjangan yang telah habis maksimal 3 bulan dihitungnya sejak masa berlaku SIM tersebut habis.
  • Perpanjangan SIM secara online tersebut hanya berlaku untuk perpanjangan SIM dan tidak bisa untuk membuat SIM baru. Sama seperti perpanjangan SIM Samsat keliling, perpanjangan secara online ini juga hanya dilakukan oleh SIM A dan C saja.

2. Prosedur perpanjangan

Perbedaan kedua tersebut adalah dari prosedur untuk perpanjangan SIM online dan juga lewat Samsat keliling. Dimana untuk prosedur perpanjangan lewat Samsat keliling dapat dilakukan dengan cara:

Baca Juga: Kado Pernikahan Paling Dibutuhkan

  • Mencari mobil Samsat keliling yang biasanya bisa dijumpai di tempat yang strategis seperti di depan kecamatan, di pusat kota, atau tempat lainnya karena biasanya mempunyai jadwal tersendiri dan sering berpindah-pindah.
  • Setelah menemukan mobil Samsat keliling tersebut Anda harus antri untuk mendapatkan formulir dan mengisinya sesuai dengan data yang lengkap dan benar.
  • Lampirkan data SIM lama baik asli dan fotokopi serta KTP yang ada untuk menunggu giliran dan wawancara untuk penyamaan data dan menunggu untuk SIM baru dicetak.

Sedangkan untuk perpanjangan SIM secara online hanya perlu untuk membuka website resmi dari Samsat. Dan merupakan cara alternatif yang bisa dipilih untuk orang yang sedang jauh berada dari kampung halamannya sehingga tidak bisa untuk memperpanjang SIM sendiri. Tetapi karena membutuhkan data lengkap dan sama dengan data sebelumnya maka perpanjangan tersebut bisa dilakukan dengan cara online.

3. Biaya perpanjangan SIM

Baca: Ketahui Cari Tahu Biaya Balik Nama Mobil Diluar Pajak

Dan perbedaan selanjutnya adalah mengenai biaya yang dibutuhkan untuk perpanjangan SIM tersebut. Dimana untuk biaya perpanjangan SIM di Samsat keliling harganya 140 untuk SIM A sedangkan untuk SIM C harganya 135 ribu. Sedangkan untuk biaya yang harus dikeluarkan apabila memperpanjang SIM secara online membutuhkan dana lebih murah.

Oleh karena itulah metode perpanjangan SIM tersebut merupakan hak Anda untuk memilihnya. Tetapi sebaiknya pilih yang paling mudah dengan memilih perpanjangan SIM online untuk Anda yang ada di luar kota sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di kota domisili Anda sendiri sebaiknya pilih dekat yang saja yaitu menggunakan jasa dari perpanjangan SIM dengan Samsat keliling. Karena akan lebih mudah dan juga cepat untuk prosesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *